Cari Blog Ini

Kamis, 27 Oktober 2016

PERAKITAN PC

KOMPONEN PC

Holaa everyone. This is my first post on my blog. Read n just enjoy it :)


Perakitan PC bertujuan untuk mengetahui komponen dan fungsi dari komponen-komponen PC serta dapat merakit PC itu sendiri.

1. Motherboard. Motherboard adalah papan induk/papan rangkaian utama yang terdiri dari rangkaian elektroni serta fungsinya sebagai pusat pengelolahan. Cara memasang motherboard pada PC ialah letakkan motherboard pada tempat yang datar serta berilah alas dengan permukaan yang lembut.







2. Processor. Processor ia ialah komponen PC yang paling utama, karena menentukan baik atau buruknya kinerja PC. Processor berfungsi sebagai pengolah data dalam sistem komputer. Cara memasang processor ialah , pasanag processor pada motherboard, usahakan memasang processor di luar casing, seusaikan jenis processor dan motherboard yang digunakan.





3. RAM (Random Accses Memory). RAM, yaitu memori internal yang berfungsi untuk menyimpan data. RAM dipasang pada slot RAM yang tersedia pada motherboard.



4. Power Supply. Power Supply adalah sebuah perangkat PC yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian PC. Setelah memasang RAM, langkah selanjutnya ialah memasang power supply




5. CD ROM / DVD DRIVE. CD/DVD DRIVE adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan data, perpindahan data, serta pembacaan data dari PC kedalam CD/Kaset. Pasang CD ROM pada rak yang terdapat pada casing dengan cara memasukkannya dari depan, kemudian kuatkan baut CD ROM agar lebih kuat.



6. Kipas CPU . Cooler/kipas yaitu pendingin yang berfungsi mendinginkan komponen CPU serta menjaga suhu udara agar tidak terlalu panas yang bisa menyebabkan kerusakan. Pemasangan kipas dilakukan setelah motherboard terpasang.






7. Kipas Processor. Sama halnya dengan Kipas CPU, berfungsi mendinginkan, namun kipas ini khusus mendinginkan processor. Pemasangan kipas ini dilakukan setelah processor terpasang.








8. Hard Disk. Hard Disk adalah sebuah komponen perangkat keras yang berisi piringan magnetis dan berfungsi sebagai penyimpanan data sekunder. Harddisk dipasang pada rak yang terdapat pada casing secara perlahan agar harddisk tidak terbentur dengan komponen lain/kerangka PC.













9. LAN Card. LAN Card adalah kartu jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antara PC dengan suatu jaringan.


10. Multitester. Multitester adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur arus listrik, tegangan, dan resistansi atau ketahanan suatu benda.









11. Obeng Plus & Minus . Obeng Plus & Minus adalah alat yang digunakan untuk mengencangkan/melonggarkan dan/ mengeluarkan baut pada komponen PC. Obeng Minus bersisi flat/datar, sedangkan obeng plus bersisi seperti bunga dan kadang ujungnya mengandung sedikit magnet.





12. Casing. Casing merupakan bagian PC yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung. Casing dengan desain yang modern, memberikan/bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan, tergantung tentang bahan yang digunakan oleh Casing itu sendiri.








13. Tool Set. Tool Set berisikan berbagai alat untuk membantu proses pembongkaran dan pemasangan PC, seperti obeng plus & minus, Tang lancip, dsb.

14. Kabel pada CPU. Kabel-kabel ini berfungsi menyebarkan listrik dari sumber listrik/power supply. Kabel ini merupakan penghubung antara komponen satu dengan yang lainnya.

15. Berikut dokumentasi yang bisa diabadikan dari diri penulis. Gambar ini diambil saat penulis dan teman kelompok sedang merakit kembali PC yang telah dibongkar dan difoto.

Kesimpulan

Dalam merakit sebuah PC, saya telah mengetahhui, bahwa dalam pemasangan PC butuh ketelitian terhadap komponen-komponen yang ada didalamnya, sebab apabila satu komponen saja tidak terpasang dengan baik dan benar, maka sistem akan mengeluarkan suara, pertanda bahwa ada kesalahan yang terjadi, sehingga sistem tidak akan memulai proses jika detail seperti itu kita acuhkan begitu saja. Juga pada penempatan kabel-kabel harus lebih teliti, agar kedepannya tidak terjadi kesalahan dalam menyambungkan kabel-kabel yang ada.



Mungkin itu saja yang bisa diposting pada saat ini -_- , stay tune for the next posting :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar